Refreshing Sebelum Melahirkan


Saat hamil besar, untuk beraktivitas sehari-hari saja aku sudah ngos-ngosan. Mudah capek, nafas pun engap. Di samping itu, aku juga sering panik sendiri memikirkan persiapan untuk melahirkan (maklum anak pertama jadi masih belum berpengalaman :D). Maka dari itu, sepertinya jalan-jalan ke tempat yang asri, tenang, dan hijau untuk menyegarkan pikiran is so much needed! 


Ke manakah kami pergi? Ga jauh-jauh kok, masih di Kabupaten Bogor aja. Kami pergi piknik ke hutan pinus di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang. Kalau bingung itu di mana, itu berada tidak jauh dari Jungle Land. Kami pergi beramai-ramai, dengan suami, orangtuaku, dan juga orangtua suami. Lucunya, saat merencanakan akan piknik, yang ada dipikiranku adalah piknik cantik seperti foto orang-orang di sosial media. Ekspektasi: makan sandwich dan minum orange juice, ada keranjang cantik berisi apel, dan beralaskan kain motif gingham berwarna merah. Realita: makan gorengan tidak lupa cabenya, homemade pepes buatan mama, minumnya Kopiko 78 aja beli di Alfamart pas perjalanan ke sini, buah pisang aja yang gampang ngupasnya, dan beralaskan tiker. Failed abis hahaha. But everyone was happy though :)




Setelah selesai sarapan di hutan pinus, kami melanjutkan acara refreshing kami, yaitu pergi ke pemandian air panas di Giri Tirta. Masih di daerah sana juga, namun lokasinya terpencil dan kondisi jalan menuju ke sana pun masih berbatu-batu. Jadi daripada repot kami memilih untuk dijemput orang Giri Tirta di hutan pinus. Sehari sebelumnya kami sudah booking dan minta untuk dijemput, takut kalau tidak kebagian tempat kalau mendadak.
Kami menunggu supir yang menjemput kami di suatu warung, agak lama sehingga kami memutuskan untuk membeli kopi di warung tersebut. Tidak lama kemudian, supir yang ditunggu-tunggu pun datang. Kami langsung bergegas masuk ke mobil untuk menuju ke lokasi pemandian air panas. Benar saja, jalanannya berbatu. Kami bersyukur karena tidak nekat membawa mobil sendiri ke sana. Sepanjang jalan ke lokasi pemandian air panas, kami melewati sawah yang masih ada kerbaunya, kami juga melewati beberapa villa yang tidak terawat, juga beberapa tanah yang kata supir kami adalah investasi milik artis-artis (maaf ga penting haha).


Setelah menempuh perjalanan berbatu kurang lebih 30 menit, sampailah kami di Giri Tirta. Lokasinya sangat asri, ada kolam-kolam dan pepohonan hijau. Giri Tirta termasuk pemandian air panas yang (lumayan) eksklusif di Gunung Pancar, karena dia menyediakan fasilitas yang lebih dibandingkan dengan tempat lainnya. Misalnya, handuk, kemben untuk menutupi badan saat berendam, dan peralatan mandi. Kolamnya pun private, jadi tiap kolam berada dalam suatu bilik. Bilik tersebut berisi kolam, gazebo, dan tempat bilas. Pokoknya ekspektasiku tinggi lah akan tempat tersebut, at least kebersihannya terjaga dan fasilitasnya terawat. Namun...setelah melihat langsung, selain ada perasaan kecewa, ada juga perasaan, "duh sayang banget tempat sebagus ini kok kurang terawat, padahal ini hidden gem banget di Sentul." Yap, sorry to say tempatnya kurang terawat, terlebih toiletnya :( Buat Giri Tirta, jangan anggap ini seperti menjatuhkan ya, tapi ambil ini sebagai masukan aja. But out of all those things, it was really a good place, a place you could run to when you're feeling sick of your everyday life.
Berendam di pemandian air panas seperti ini konon katanya dapat menyembuhkan beberapa macam penyakit, karena airnya mengandung mineral dari pegunungan. Aku pribadi kurang ngerti sih ya, ke tempat gini cuma pengen suasana tenang dan 'lari' dari hiruk pikuk kota aja. 



Kami sudah berada di Sentul City pada sore hari, sebelum pulang ke rumah, kami mampir ke pasar di dekat Taman Budaya untuk membeli pisang tanduk. Saat hamil aku selalu makan pisang goreng (hehehe). Akhirnya kami beli pisang tanduk banyak banget entah ada berapa puluh biji (yang ended up ga kemakan dan busuk) karena murah banget.
Ok, jadi selesailah sudah cerita refreshing sebelum melahirkan ala aku yang sederhana, dekat-dekat aja ga perlu ke Bali. Mungkin bisa juga jadi referensi buat kalian yang pengen refreshing tapi ga punya waktu untuk pergi jauh :)




0 comments:

Post a Comment