Persiapan Sebelum Melahirkan


Postingan kali ini aku buat untuk mengabadikan betapa serunya mempersiapkan kelahiran putri pertama kami. Capek sih obviously, ngegembol bayi seberat 3 kg dalam perut dan harus bolak-balik belanja dan beres-beres, kebayang kan? Tapi semua capeknya ketutup dengan keseruan persiapan kelahirannya ini. Aku yang biasanya males setrika baju, saat itu senang sekali setrika baju Chyla untuk pertama kalinya. Saat itu aku setrika dengan penuh penghayatan, serius, saking menghayatinya, saat itu juga untuk pertama kalinya ASI-ku keluar di saat usia kandunganku 8 bulan! Percaya ga percaya, aku mikirnya ASI-ku keluar karena saking senengnya aku saat itu.



Hal yang paling menyenangkan saat hamil adalah: belanja perlengkapan bayi. Hal kedua yang paling menyenangkan saat hamil adalah: ngeliatin pakaian mungil warna-warni bertengger di jemuran :') Is there something cuter than that? Gemes banget kan! Saat itu nyuci, jemur, dan setrika ditemenin suami, sambil berkhayal bareng kalau nanti Chyla pakai baju-baju ini pasti lucu banget (walaupun saat itu we didn't have any idea of how her face will look like).







Bagaimana dengan kamar Chyla? Berbekal ilmu desain interior yang nol, alias ga punya ilmunya sama sekali, aku mulai memikirkan konsep nursery room untuk Chyla dari awal kehamilan. Impianku sih kamar Chyla nuansanya dusty pink - grey, karena kalem gitu kesannya (no place for any shocking pink stuffs!). Aku juga ga mau kalau kamar Chyla terlalu princess-y gitu, jadi say no to shabby chic decor. Pengennya sih interiornya ala Scandinavian gitu, tapi apa daya barangnya mahal-mahal yang punya designer-nya, jadi Scandinavian semampunya aja: IKEA to the rescue! (Maklum Bundanya Chyla pas nikah juga masih berstatus jadi mahasiswa jadi ya apa-apa IKEA, semoga suatu saat nanti kita bisa menuhin kamar pakai produk Ferm Living yah Nak, and we'll ditch all those cheap stuffs lol just kidding however we'll always love you IKEA :P).
Beberapa IKEA stuffs yang kubeli di antaranya adalah ranjang bayi, seprei, laci kayu, dan beberapa mainan bayi. Kelambu untuk di ranjang bayi dijahit oleh mamaku, begitu pula dengan sarung bantal dan guling. Buat yang suka desain serba simpel dan polos, tanpa ada embel-embel gambar boneka atau binatang ala barang bayi gitu tapi cuma punya budget kecil, I must say IKEA products are a good choice #seriusbukansponsor #ngapainjugaIKEAsponsoringue. Dia punya produk untuk bayi dan anak gitu, dan pilihannya lumayan banyak. Kualitas juga lumayan lah, lagian barang bayi ga akan dipakai lama juga kan. Overall aku suka banget dengan penampakan kamar Chyla, persis seperti apa yang aku mau :D Puas karena murni hasil karya sendiri ;)





Salah satu hal yang penting untuk disiapkan sebelum melahirkan tetapi sering terlupakan adalah: souvenir untuk tamu yang berkunjung nengok anak kita lahir nanti. Menurut aku souvenir ini bukan sekedar untuk kenang-kenangan, tapi lebih sebagai tanda terima kasih kita untuk mereka yang udah meluangkan waktu nengokin anak kita lahir, dan sudah repot-repot cari kado segala ;)
Souvenir ini aku beli bareng mertuaku di Pasar Asemka. Kenapa jauh banget di Pasar Asemka? Karena murah dan stoknya pasti ada banyak karena mereka jual lusinan. Nah, kalau aku, souvenirnya itu berupa botol minum. Kami bungkus dengan kain tulle cantik, kain tulle-nya kami beli terpisah di toko kain, dan dibungkus sendiri. Kalau minta dibungkusin di toko, cuma pakai plastik atau mika, kelihatan kurang manis :' Jadi kami putuskan untuk bungkus sendiri, not bad kan?



Aku suka banget bikin wish list, begitu pula saat hamil. Sebelum usia kandungan menginjak tujuh bulan (which is belum boleh belanja), aku cuma ngutak-ngatik instagram dan safari untuk cari daftar keperluan bayi. Setelah harinya tiba, langsung deh aku datangin seluruh toko bayi di Jabodetabek. Iya, ga cuma Bogor dan Jakarta aja, aku sempat ke Little Hannah Shop di Gading Serpong dan ke IKEA di Alam Sutera. 
Botol susu, sikat pembersih botol, pemanas susu, dan beberapa produk lainnya aku memakai merk Dr Brown's. Berdasarkan review-review yang aku baca, botol Dr Brown's ini termasuk yang bagus tapi masih terjangkau harganya. Untuk sterilizer aku awalnya beli Panasonic DSteril, namun setelah itu aku beli UV sterilizer juga. Barang-barang lainnya sebenarnya sangat banyak dan ga mungkin aku tulis satu persatu di sini, jadi nanti akan aku tulis di post tersendiri :D






Aku sangat concern sekali mengenai skincare yang akan Chyla pakai nanti. Berkaca pada diriku sendiri, kulitku itu super duper sensitif, aku khawatir Chyla juga memiliki kulit yang sensitif. Maka dari itu, aku siapkan skincare Bud's untuk Chyla. Bud's tersohor banget akan bahannya yang alami, cuma ternyata setelah cari tau, banyak juga yang alergi pakai Bud's. Jadi aku beli lagi California Baby yang katanya lebih bagus dari Bud's. Yah begitulah ibu-ibu, gampang kemakan review hahaha. Belum lahir aja produk perawatan kulit Chyla udah selaci lebih sendiri loh karena kekalapan ibunya. 
Sekian dari tulisan yang tidak ada anti-klimaks-nya ini. Memang tujuannya bukan untuk cerita, cuma untuk simpan foto-foto persiapan sebelum melahirkan Chyla. At least I've tried to keep these memories yang foto-fotonya dibuang sayang ;) Untuk Chyla, inilah euphoria Bunda dan Ayah juga orang-orang di sekitar kami untuk menyambut kelahiranmu ;) You see how much we couldn't wait no more to see you.



0 comments:

Post a Comment