Staycation at JW Marriott Surabaya


Di hari ulang tahunku yang ke-24 akhir Desember lalu, aku punya satu permintaan ke suami: pengen pergi jalan-jalan bertiga, aku, dia, dan Chyla, karena kami bertiga belum pernah berlibur bersama. Awalnya aku pengen banget pergi road trip ke Bali, Malang - Denpasar jalur darat kan cuma sekitar 10 jam. Tapi mengingat kondisi lalu lintas di akhir tahun yang macet di mana-mana, suami (dan aku) terpaksa menunda keinginan untuk pergi ke Bali. Sebagai alternatif liburan yang tidak kalah seru, kami putuskan untuk pergi staycation yang dekat-dekat saja. Singkat cerita, kami pun pergi staycation di JW Marriott Surabaya :D

Apa sih staycation itu?
Buat yang belum tau, staycation itu maksudnya pergi 'vacation' di dalam kota atau yang dekat-dekat saja, tujuannya buat melepas penat bagi orang-orang yang ga punya banyak waktu (dan uang) untuk pergi liburan jauh di luar kota. Biasanya dilakukan dengan cara menginap di hotel di dalam kota, atau luar kota yang jaraknya hanya sekitar 1-2 jam. Kalau kita staycation, kita ga perlu jalan-jalan keluar hotel, karena kan di kota sendiri, kalau jalan keluar hotel ga berasa lagi 'vacation' karena pasti bakal menghadapi tempat yang sama dengan yang kita hadapi sehari-harinya.
Jadi tipsku untuk yang mau staycation, pilihlah hotel yang banyak fasilitasnya sehingga kita cukup stay di dalam hotel untuk mendapatkan semuanya: makanan, hiburan, dll, disesuaikan dengan keperluan keluarga masing-masing tentunya. Kalau keluargaku karena ada anak, kami cari yang ada kolam renang (yang kedalamannya 60 cm atau aman untuk batita lah), juga indoor playground. Hotel yang memiliki banyak restoran juga penting bagiku, karena kan ga lucu kalau lagi nginep terus makan malamnya di restoran langganan yang hampir tiap minggu kita beli (ga berasa liburan, just feels like another day). Terus yah kalau aku pribadi cari yang sarapannya banyak pilihan :9

The Hotel
Jadi JW Marriott Surabaya ini hotel yang udah ada lama banget, tahun 1996 tepatnya. Aku agak ragu pas milih hotel ini, karena ya tau sendiri hotel lama takutnya bakalan serem mau semewah apapun juga. But I was wrong! Tahun 2016 lalu ternyata hotel ini udah direnovasi jadi lebih modern. Aku ga tau pasti apa aja yang direnovasi, tapi yang aku liat sih ga ada kesan serem ya, cuma di kamar mandi kelihatan krannya masih model jaman dulu.
Amenities was ok. Bathroom was ok too, nothing special but they provide a bath tub even in the cheapest room (so that's a good point, kadang di hotel bintang 5 lain kalau pilih kamar termurah ga dapet bath tub loh :'). View dari kamar kami menghadap ke kota, sayangnya Surabaya tampak atas kurang enak dilihat :P Overall it was all good. Yang aku suka dari service mereka adalah, they really read your request. Kadang kalau pesan hotel via aplikasi tertentu pihak hotel seperti tidak memperdulikan request kita, sehingga ketika check-in kita harus request ulang. Namun di sini mereka bahkan sudah meletakkan ranjang bayi permintaan kami sebelum kami check-in!











The highlight of our staycation was the breakfast time and the time after that: swimming time! Untuk makanan maaf ga bisa kasih komentar enak atau engga karena aku ga bisa bilang ga enak, semua makanan enak bagiku hahaha. Variasi makanan beragam banget sih yah standar hotel bintang 5, dari makanan Indonesia, western, Jepang, Chinese, etc. Cuma kalau ga salah ga ada dimsum, padahal aku suka banget makan chicken feet a.k.a ceker apalagi sepuasnya begini :P Oh iya yang bikin amazed ini tempat makannya, bagus banget jadi dibagi menjadi beberapa bagian, ada yang seperti outdoor tapi bukan, hanya atapnya terbuat dari kaca sehingga kesannya seperti terbuka.
Setelah sarapan, tanpa kembali ke kamar, kami langsung lanjut berenang. Bukan kami sih, cuma suamiku dan Chyla yang berenang, ibunya jadi tukang foto aja :P Chyla suka banget berenang, di sini disediakan kolam renang untuk baby, dalamnya sekitar 60 cm. Mereka juga punya floats bentuk unicorn, sayangnya di sini ga ada mainan semacam slides dll di kolam renangnya. 
















Kami hanya stay semalam, walaupun begitu staycation yang singkat ini benar-benar padat dan berkualitas. Berkualitas dalam arti, kami sebagai keluarga kecil yang jarang bertemu, benar-benar mendapatkan bonding-nya. Kami bermain bersama, ngobrol, makan di meja yang sama di waktu yang sama, terdengar sederhana tapi terkadang sangat sulit diaplikasikan karena orangtua sibuk dengan handphone masing-masing, orangtua yang ingin tidur padahal anak ingin bermain, dll. Liburan dengan keluarga itu tujuannya bisa semakin mempererat hubungan satu sama lain dengan hal-hal sederhana tersebut.
Kami pulang dengan hati dan pikiran yang sudah ter-refreshed dan fully charged, siap untuk menghadapi kembali rutinitas kami masing-masing. Kami juga merasa kegiatan seperti ini bagus juga kalau dirutinkan, insha Allah ya ;)


0 comments:

Post a Comment