Trip to Korea: Foooood

Salah satu hal yang harus dilakukan kalau kalian pergi ke Korea adalah: mencoba kuliner di sana! Hukumnya wajib karena dari jajanan minimarket sampai makanan di restorannya semua super enak. Jauh sebelum berangkat, aku sudah membuat daftar makanan apa saja yang aku ingin coba, alhamdulillah sebagian besar berhasil untuk dicoba. Ada sih beberapa tempat yang tidak sempat dicoba karena keterbatasan waktu. 


Minimarket (CU, 711, GS 25, Emart, etc)
Ini surga pertama yang bakal kalian temukan di Korea. Kenapa begitu? Karena begitu kalian mendarat di bandara Incheon, tempat menarik untuk membeli makanan yang bisa kalian temukan adalah minimarket. Yang wajib dicoba adalah honey butter chips, banana milk, honey butter almond,  dan Market-O brownie. Honey butter chips itu chips mirip Lays tapi rasanya honey dan butter, jadi gurih manis gitu omg enak deh. Kalau kita biasa makan chips rasanya either manis or asin, ini kombinasi keduanya! Next, banana milk, nah kalau ini aku ga nemuin spesialnya di mana, cuma enak aja dia ga terlalu kentel jadi ga enek dan seger ya. Market-O brownie? Kalau ini enak banget! Aku pulang bawa beberapa dus buat oleh-oleh. Selain memang enak, kemasannya juga bagus jadi pantes aja buat dijadikan oleh-oleh. Oh iya kalau kalian rencana belanja snack banyak, jangan belanja di minimarket, tapi di supermarket. Aku sebelum pulang ke Indonesia belanja ke Lotte Mart di Seoul Station, harga bisa jauh beda sama di minimarket. FYI dia tutup jam 12 malam loh, waktu itu aku ke sana jam 11 malam naik bus sendirian, Chyla dititipin ke eyangnya di hotel hahaha.



Yoogane Chicken Galbi
Trip ke Korea kali ini adalah kali keduaku, yang pertama itu bulan Agustus 2013 bersama teman-teman SMP, kami sempat mencoba Yoogane Chicken Galbi, dan kali ini aku ke situ lagi! Jadi Yoogane ini bukan cuma hits pada jaman dulu lima tahun lalu aku ke sini ya, tapi sekarang pun pun tetap ramai dikunjungi, berarti ya emang ini enak. Sebenarnya Yoogane ada juga di Jakarta, di Lotte Shopping Avenue, tapi aku belum pernah coba. Menu yang kupesan adalah nasi goreng keju plus extra tteokbokki isi keju, yum! Look at those cheese though! Buat yang mau ke Korea wajib ya ke sini, gerainya ada banyak di mana-mana, aku coba yang di Myeongdong. Kalau kalian mau makan di sini, make sure makan di yang pusatnya ya, cari di Naver Map namanya 'Yoogane Chicken Galbi Myeongdong No. 1 Branch', karena aku pernah makan yang di cabang tempatnya sempit banget pakai naik tangga kecil segala, gak nyaman banget.



Gyeranbbang
Lima tahun yang lalu aku juga coba makanan ini. Saat itu aku bener-bener jatuh cinta banget sampai janji sama diri aku sendiri, "I have to eat this once again before I die!" Hahaha. Ternyata pas kemarin ke sana dan makan ini lagi, rasanya jadi biasa aja. Jadi ini kue yang toppingnya telur gitu doang. Kuenya tuh kalau dipikir-pikir mirip pukis, jadi ya ini tuh semacam pukis pakai topping telur. But still you have to try this! Rasanya enak sih kuenya manis, telurnya asin jadi seumbang gitu. Ini termasuk street food yah jadi kalian bisa nemu ini di mana aja, biasa banyak dijual di Myeongdong kalau malam-malam. Murah dan ngenyangin ;)



Tteokbokki dan Odeng
Ini paling wajib di antara yang wajib dicoba yah kalau ke Korea, karena dari tadi aku bilang wajib mulu hahaha. Tteokbokki dan odeng ini termasuk street food jadi kalian dapat temuin di mana-mana, biasa mereka dijual barengan gitu, di mana ada tteokbokki pasti ada odeng. Tteokbokki itu semacam fish cake pakai bumbu pedes khas Korea, kenyul-kenyul gitu teksturnya. Kalau odeng itu apa yah...rasanya sih mirip baso ikan cuma bentuknya bukan baso, tapi panjang dan dilipet-lipet kayak usus gitu, dimakan pakai kuah bening atau pedas. Duh cmiiw asal banget nih aku kasih info hahaha.
Ini enak banget apalagi kalau cuaca lagi dingin. Ibarat di Indo kalau hujan enak banget makan baso, nah di sini kalau dingin enak makan gini.




Hotteok
Aku coba di dua tempat, yang pertama di Nami Island. Kan lagi di deket patung Winter Sonata tuh, eh ga jauh dari situ kok ada tempat makan antri panjang banget, ternyata jualan hotteok, beli deh, murah 1000 won doang. Eh ternyata enak banget, jadi ini sejenis pancake atau roti maryam gitu tapi ada isinya gula merah campur kayu manis, dimakan pas masih anget. Karena ketagihan, besoknya pas main di Hongdae ada lagi tuh orang jualan hotteok, terus beli lagi, tapi gak enak karena keras ga senikmat yang di Nami Island huhu.


Samgyetang Tosokchon
Ini adalah samgyetang paling enak di Seoul (katanya). Samgyetang sendiri adalah sup ayam ginseng, di dalam ayamnya diisi nasi yang sedikit mirip ketan. Oh iya per porsi ini ayamnya satu ekor loh :O Kami makan siang di sini setelah pulang dari Gyeongbokgung Palace, karena memang lokasinya dekat dengan Gyeongbokgung Palace. Udah gitu aja. Minim info banget yah hahaha.


Thanks Nature Cafe
Aku tau cafe ini dari instagramnya @essywijaya, jadi karena dia ke Korea bawa toddler juga jadi aku banyak refer ke dia deh tempat-tempat yang dikunjungi, salah satunya Thanks Nature Cafe ini. Jadi ini cafe yang di depannya ada dombanya, dombanya bersih-bersih banget, putih dan fluffy! Oh iya ini letaknya di Hongdae yah. Untuk makanannya di sini sedikit banget pilihannya, cuma ada dessert semacam waffle and ice cream. Niatnya ke sini mau bikin Chyla sayang sama domba, seperti dia sayang sama kucing, or at least sekedar tau aja deh, 'oh ini domba' yang penting dia udah liat bentuk aslinya ga cuma versi di buku atau layar iPad aja. Eh niat ngenalin malah turned out dia jadi trauma sama domba! Karena saat itu dia lagi santai berdiri sebelah domba, eh dombanya teriak, "mbeeek" langsung lah kaget setengah mati dia. Alhasil nangis kejer dan ga mau liat domba lagi, pas mau keluar dari cafe itu kan harus lewatin domba, dia ga mau liat sama sekali, sampai kacamata hitam aku dia ambil, dia pakai untuk nutupin mata dia supaya ga bisa liat domba, kasian tapi lucu wkwkwk. Even worse, malam pertama di Indonesia setelah pulang, waktu dia tidur dia ngelindur, "mbeek, mbeek..." huhuhu.



Style Nanda Pink Pool Cafe
Nah kalau ini cafe ter-instagramable di Seoul. Warnanya aja super gemasss! Pink dan biru pastel gitu. Jadi Style Nanda ini terdiri dari satu bangunan lima lantai, lantai pertama dan kedua merupakan toko makeup, lantau ketiga dan keempat merupakan toko baju, lantai kelima cafe, dan lantai keenam ada rooftop yang bisa dipakai santai (ada bean bag pink lucu gitu). Aku pergi yang di Myeongdong, kalau ga salah sih di Hongdae juga ada. Untuk cafenya sendiri menunya sangat terbatas sih, pengen beli minuman lucu yang ada cotton candy-nya tapi lagi ga ada. Yaudah beli hot chocolate biasa. Oh iya karena foto di sini lucu-lucu banget, sepertinya aku akan bikin post sendiri tentang Style Nanda Pink Pool Cafe.


Godiva
Ceritanya waktu itu mampir ke sini karena aku dan mertuaku lagi nunggu ipar yang lagi muter-muter di Myeongdong. Karena pas lagi depan Godiva, yaudah mampir sini deh. Padahal mah di Jakarta juga ada sih. Mertuaku beli ice cream, dan aku beli hot chocolate. Dulu sih di Jakarta belum ada ya hot chocolate-nya, cuma ga tau sekarang. Hot chocolate-nya enak banget, aku pertama kali coba di Godiva di Brussel, akhirnya sekarang bisa minum lagi! :D


Shake Shack
Waktu ke Jepang bulan Maret lalu udah masukin Shake Shack ke daftar tempat makan yang mau dicoba tapi sedihnya ga ada waktu untuk ke sana. Untungnya kali ini ke Seoul dikasih kesempatan buat coba chain fast food terkenal ini. Sebenarnya paling penasaran sama cheesy friesnya karena cheese-nya bener-bener keliatan leleh-leleh menggiurkan banget. Burgernya juga enak banget sih dagingnya lembut. Oh iya Shake Shack ini ada di daerah Gangnam ya.



BHC (Better Happier Choice)
Bisa gak sih buka cabang di Jakarta??????!!!!!! Tiap inget gimana rasanya si ayam ini ga bisa santai banget nih ngomongnya, seenak itu yaampun gimana ya rasanya. Best cajun fries ever!!!!!! Best chicken ever!!!!!! Best food I've ever eaten in my life!!!!!!! Period!



Places I really wanted to go
Baekmidang Ice Cream - Garosugil
Mr. Holmes Bake House - Garosugil
Tokyo Milk Cheese Ice Cream - Garosugil
Milky Bee Rose Ice Cream - Myeongdong
Sulbing
Ossuloc Tea House
Zapangi

0 comments:

Post a Comment